Kereen !!! Siswa SD Islam Az Zahra Bandar Lampung Jadi Petugas Sholat Idul Adha

| No comment

Allahu Akbar…Allahu Akbar……Allahu Akbar…. Laaillahaillahuallah….. Huakbar….Allahu Akbar Walillahilhamd…
Takbir, Tahmid dan Tasbih Bersahut – sahutan dikumandangkan anak-anak di lapangan lantai 6 secara bergantian untuk mengawali praktek sholat idul adha.

Allahuakbar…Allahuakbar……Allahuakbar….
Lapangan lantai 6 SD Islam Az Zahra dienuhi oleh siswa yang sedang melakukan praktik sholat idul adha. Pembelajaran sholat idul adha ini diikuti oleh semua siswa kelas 3 sampai kelas 6 yang berjumlah keseluruhan 407 siswa.

Para petugas mulai dari MC / Bilal, Khottib dan Imam dari siswa kelas 6. Adapun yang bertugas sebagai bilal adalah ananda M. Nicko Alghifari, petugas khottib adalah M. Rafi Rizki Putra dan sebagai imam adalah M. Hugo Astra. Mereka yang bertugas telah dipersiapkan dan dibina oleh tim guru keagamaan dalam waktu tiga hari menjelang pelaksanaan praktik solat idul adha.

Hugo, yang memimpin praktek solat idul adha pagi tadi mengenakan pakaian khas Arab dengan bacaan yang bagus dan jelas. Hugo ditunjuk oleh tim guru keagamaan atas dasar kemampuan yang dimiliki dan atas rekomendasi guru.

Putra, sang khottib cilik dengan tegas dalam penyampaian khutbahnya menjelaskan tentang awal mula perintah qurban serta ajakan untuk meneladani kisah nabi Ibrahim. Selain itu juga ada 4 kandungan hikmah yang bisa diterapkan dalam kehidupan yaitu totalitas beribadah kepada Allah, taat kepada Orang tua, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan berserah diri kepada Allah.

Dari setiap kelas telah ditunjuk 1 orang perwakilan untuk memimpin takbir jamaah di lapangan. Sehingga gemuruh suara takbir menggema dilapangan lantai 6 terdengar sampai ke lantai 1 sebagai tanda semangat siswa.

Dalam praktek solat ini, siswa lah yang langsung sebagai petugasnya, mereka dengan baik melaksanakannya. “Dewan guru hanya membimbing dan mengawasi saja. Praktik solat idul adha menjadi program tahunan, meski baru tahun ini dilaksanakan kita akan konsisten melaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya, ujar Iqbal selaku kepala sekolah.

Lagi-lagi, tujuan adanya praktik solat idul adha ini adalah bahwasanya SD islam Az Zahra tidak hanya teoritis artinya selain diberikan pemahaman teori didalam kelas, juga langsung di praktikkan agar siswa lebih mengerti. Kita berharap semua siswa dapat memahami tata cara ibadah yang baik dalam agama islam.

Usai solat idul adha, Abi Iqbal selaku kepala sekolah menyampaikan penjelasan kandungan hikmah kisah nabi Ibrahim kepada semua siswanya. Semua siswa menyimak dengan baik, dilihat dari sesi Tanya jawab dan pembagian doorprize. Banyak siswa yang ikut aktif dalam sesi ini.





Tags : , , , , , , ,

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sholat

Follow by Email

Accordition

Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung memiliki cabang pendidkan formal maupun non formal diantaranya: PG & TK Islam Az Zahra, SD Islam Az Zahra, dan Az Zahra Al Qur'an School.

TK Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan Pendidikan formal untuk usia dini, diantaranya ada Play Group, TK A dan TK B.

SD Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan pendidikan formal tingkat dasar yang mengedepankan pendidikan islami berbasis teknologi untuk menciptakan generasi yang Islami dan mampu bersaing dalam IPTEK.

Az Zahra Al Qur'an School merupakan pendidikan non formal yang terdiri dari Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan Rumah Menghafal Al Qur'an (RMA).