Seminar Deteksi Penanganan Anak Spesial di Rumah dan di Sekolah

| No comment
Bandar Lampung (16 Oktober 2016), Sekitar 160 peserta mengikuti seminar deteksi penanganan anak spesial di rumah dan di sekolah yang diisi langsung oleh dr. Tri Gunadi, A.Md, OT, S.Psi yang merupakan Dosen Vokasi Kedokteran Okupasi Terapi UI.

Seminar tersebut berkat kerjasama Yamet Child Development Center, Hatori Daycare Lampung dan Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung yang dilaksanakan di Koridor Az Zahra Lampung.

dr. Tri juga merupakan Direktur YAMET Child Development Center 21 Cabang dan telah mempunyai banyak karya karangan bukunya dianatarnya adalah pengarang buku my baby, 24 gerakan mencerdaskan anak, optimalkan otak kanan–kiri, merekapun bisa sukses, dan lain-lain.

Karena materi yang disampaikan sangat lah penting dan bermanfaat sehingga menyedot perhatian para guru dan orang tua yang ada di Bandar Lampung. Alhasil seminar ini diikuti 160 peserta Guru TK/RA dan SD/MI dan Para Orang Tua se Kota Bandar Lampung.

Dalam pemaparannya dr. Tri menyampaikan definisi anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami penyimpangan (fisik, mental, intelektual, sosial maupun emosional) dibandingkan anak seusianya.

Faktor yang mempengaruhi anak menjadi berkebutuhan khusus adalah dari 2 segi yaitu internal dan eksternal. Adapun dari segi internal seperti ras/etnik atau bangsa, keluarga, umur, jenis kelamin, genetik, kelainan kromosom.

Sedangkan dari segi eksternal adalah faktor sebelum lahir seperti gizi, mekanis, toksin/zat kimia, endokrin, radiasi, infeksi, kelainan imunologi, anoksia embrio, psikologis ibu. Kemudian faktor persalinan dan faktor setelah lahir seperti gizi, penyakit kronis/kelainan kongenital, lingkungan fisis/kimia, psikologis, endokrin,sosio-ekonomi, lingkungan pengasuhan, stimulasi dan obat-obatan.

Orang tua adalah sarana utama untuk optimalisasi kecerdasan anak. Tentu keinginan semua orang tua ialah sangat menginginkan buah hatinya dimasa depan seperti beberapa point berikut ini :
1. Sehat, tidak sakit, tidak cacat
2. Fisik kuat
3. Cerdas, kreatif, produktif
4. Berperilaku baik (berkarakter)

Para peserta pun terlihat sangat serius memperhatikan pemaparan yang disampaikan oleh dr. Tri dan membuat para peserta untuk tidak sungkan bertanya di sesi diskusi tanya jawab. Salah satu guru SD Islam Az Zahra, Hasan Basri mengatakan seminar tersebut sangatlah bermanfaat bagi para Orang Tua. Ia juga menyayangkan karena tidak mengajak istrinya untuk ikut hadir pula di seminar tersebut.


Berikut ini beberapa dokumentasi foto kegiatan seminar deteksi penanganan anak spesial dirumah dan di sekolah :















Tags : , , , , , ,

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sholat

Follow by Email

Accordition

Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung memiliki cabang pendidkan formal maupun non formal diantaranya: PG & TK Islam Az Zahra, SD Islam Az Zahra, dan Az Zahra Al Qur'an School.

TK Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan Pendidikan formal untuk usia dini, diantaranya ada Play Group, TK A dan TK B.

SD Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan pendidikan formal tingkat dasar yang mengedepankan pendidikan islami berbasis teknologi untuk menciptakan generasi yang Islami dan mampu bersaing dalam IPTEK.

Az Zahra Al Qur'an School merupakan pendidikan non formal yang terdiri dari Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan Rumah Menghafal Al Qur'an (RMA).