PG&TK Islam Az Zahra Ajarkan Siswa-Siswinya Belajar Bercocok Tanam

| No comment
(Selasa/4 Oktober 2016), PG&TK Islam Az Zahra Bandar Lampung melaksanakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan diluar ruangan (outdoor class). Kegiatan tersebut terbagi atas tiga pos yaitu pos perkebunan, pos pengenalan hewan air dan pos tanaman.

Diawali dengan kegiatan belajar bercocok tanam menggunakan metode hidroponik yaitu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

"Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas" jelas salah satu petugas saat memaparkan. Kegiatan ini termasuk dalam pos tanaman yang dilaksanakan di halaman sekolah.


Selanjutnya siswa/i ini melanjutkan petualangannya yakni menuju pos pengenalan jenis hewan air yang lokasinya berada tidak jauh dari sekolah.. Pada pos ini, PG&TK Islam Az zahra menggandeng rumah makan lemong sebagai partner education untuk memperkenalkan berbagai hewan jenis air kepada seluruh siswanya.

Adapun beberapa jenis hewan yang dikenalkan adalah berbagai macam ikan, lobster dan kepiting. Di tempat ini para siswa begitu antusias menyimak penjelasan yang disampaikan oleh petugas, dan para siswa pun tak takut untuk menyentuh bahkan memegang hewan-hewan yang diperkenalkan. Apalagi ketika mereka menyentuh hewan jenis lobster dan kepiting yang memang hewan jenis tersebut memiliki tubuh yang cukup besar.


Setelah dari pos pengenalan hewan air, siswa/i PG & TK Islam Az Zahra ini berlanjut ke pos terakhir yaitu pos perkebunan dimana seluruh siswa diajak berkunjung ke kebun Az Zahra yang juga lokasinya tidak terlalu jauh dari sekolah, di kebun ini seluruh siswa diberikan edukasi tentang tata cara menanam dan menyiram, juga dijelaskan beberapa jenis nama sayuran.


Sanimah, S.Pd.I selaku kepala sekolah mengatakan kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran, dengan tujuan tercapainya aspek pengenalan lingkungan terdekat serta memotivasi siswa agar senang makan sayuran dan menyayangi binatang. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat dan menyenangkan bagi siswa, paparnya.

"Alhamdulillah kegiatan outdoor class ini berjalan lancar, seluruh siswa sangat senang gembira mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat dan bersifat aplikatif, artinya segala pembelajaran yang diberikan saat ini bisa siswa terapkan ketika di lingkungan rumah" ujar Sanimah.

  
Berikut ini beberapa foto dokumentasi kegiatan Berkebun Az Zahra : 



















Tags : , , , , , ,

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sholat

Follow by Email

Accordition

Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung memiliki cabang pendidkan formal maupun non formal diantaranya: PG & TK Islam Az Zahra, SD Islam Az Zahra, dan Az Zahra Al Qur'an School.

TK Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan Pendidikan formal untuk usia dini, diantaranya ada Play Group, TK A dan TK B.

SD Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan pendidikan formal tingkat dasar yang mengedepankan pendidikan islami berbasis teknologi untuk menciptakan generasi yang Islami dan mampu bersaing dalam IPTEK.

Az Zahra Al Qur'an School merupakan pendidikan non formal yang terdiri dari Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan Rumah Menghafal Al Qur'an (RMA).