Pelatihan Guru Matematika Guna Peningkatan Profesionalitas dan Kualitas Guru

| No comment


Guru adalah figur manusia yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pendidikan. Ketika semua orang mempersoalkan masalah dunia pendidikan figur guru mesti terlibat dalam agenda pembicaraan terutama yang menyangkut persoalan pendidikan formal di sekolah. 

Pendidik atau guru merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan. Mengingat tugas guru begitu berat maka perlunya guru untuk selalu di-update pengetahuan, wawasan, keterampilannya menuju kepada pengembangan profesi yang diharapkan.

Baru-baru ini SD Islam Az Zahra Bandar Lampung mengirimkan tiga guru bidang matematika yaitu Angga Yudistira, S.Pd, Ria Anggreyni Roshera, S.Pd dan Rezti Ulvia, S.Pd untuk mengikuti pelatihan guru klub matematika yang diselenggrakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) selama 3 hari pada Selasa - Kamis, 1- 3 Desember 2015 di Padepokan Amir Syahruddin KPM, Bogor.

KPM merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan Sistem Metode Seikhlasnya (SMS) dan Matematika Nalaria Realistik (MNR) yang didirikan oleh Pimpinan KPM Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si yang juga sebagai Pelatih Olimpiade Matematika Internasional.

Matematika Nalaria Realistik (MNR) adalah  Pembelajaran matematika yang menitikberatkan penggunaan nalar dalam memahami konsep-konsep matematika untuk memecahkan  masalah dalam kehidupan sehar-hari. Tujuannya adalah agar anak-anak Indonesia menyenangi matematika karena mengetahui manfaatnya dan menjadikan anak Indonesia menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

Salah satu guru SD Islam Az Zahra yang mewakili, Ria Anggreyni mengatakan Alhamdulillah kami berkesempatan mewakili Lampung untuk mengikuti pelatihan tersebut, banyak wawasan baru yang kami dapatkan serta saling bertukar informasi seputar dunia matematika.

Lanjut Ria, beberapa materi pelatihan yang diberikan adalah seperti materi kiat suskes olimpiade, pemahaman konsep, penalaran dan memberikan wawasan akan masalah nyata. Selain itu juga melakukan pemecahan masalah dan eksplorasi, strategi menyelesaikan masalah dan diberikan pelatihan manajemen pendidikan.

"Tidak hanya full pelatihan, seluruh peserta juga diberikan games sederhana dengan tujuan pemecahan masalah matematika. Di hari kedua juga para peserta diajak berkunjung ke Kampung Matematika. Terdapat 22 peserta yang mengikuti pelatihan ini yang berasal dari berbagai daerah namun mayoritas dari pulau Jawa. Usai pelatihan para peserta pun dibuatkan grup whatsapp agar komunikasi terus terjalin", papar Ria Anggreyni.

 Berikut ini beberapa dokumentasi nya :










Tags : , , , ,

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sholat

Follow by Email

Accordition

Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung memiliki cabang pendidkan formal maupun non formal diantaranya: PG & TK Islam Az Zahra, SD Islam Az Zahra, dan Az Zahra Al Qur'an School.

TK Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan Pendidikan formal untuk usia dini, diantaranya ada Play Group, TK A dan TK B.

SD Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan pendidikan formal tingkat dasar yang mengedepankan pendidikan islami berbasis teknologi untuk menciptakan generasi yang Islami dan mampu bersaing dalam IPTEK.

Az Zahra Al Qur'an School merupakan pendidikan non formal yang terdiri dari Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan Rumah Menghafal Al Qur'an (RMA).