Besok, dimulai Pembekalan Manasik Haji bagi siswa TK, TPA & SD Islam Az Zahra

| No comment


Labbaika Allahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarika Laka Labbaik, Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Walmulk. Laa Syarika Lak.

“Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu: aku penuhi panggilan-Mu Tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan ni’mat adalah kepunyaan-Mu; demikian pula segala kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu.” (HR. Bukhari)

Lafazh tersebut merupakan Lafazh talbiyah yang diucapkan dengan pengulangan dengan mengharap bahwa pengabulannya itu berulang kali yang diucapkan pada saat pelaksanaan ibadah haji.

Ibadah haji, selain sudah menjadi rukun Islam yang ke 5, ia menjadi amalan yang tidak semua orang tau. Ada tatacara atau dikenal dengan istilah manasik yang berbeda dengan ibadah lainnya. Lalu, ibadah ini hanya dapat dilakukan di Makkah dan Arafah Mina, tidak bisa di tempat lain, ditambah lagi waktunya juga sangat terbatas.

Disamping itu, ibadah ini mayoritasnya, hanya dilakukan sekali seumur hidup. Wal hasil, mayoritas jamaah belum memahaminya secara baik. Untuk itu diperlukan panduan yang memudahkan agar menjadikan haji sebagai ibadah yang indah, berkesan dan menyentuh. Tawaf, Sa’I dan Wukufnya membawa pesan yang dalam bagi setiap yang melaksanakannya.

Yayasan fatimah Az Zahra Lampung akan melaksanakan kegiatan manasik haji yakni berupa pembekalan kepada para siswa-siswi TK, TPA, SD Islam Az Zahra Bandar Lampung beserta juga para orang tua siswa tentang pelaksanaan ibadah haji.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 18 September 2015 di area lapangan sekolah. Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut :
TPA : Selasa, 15 September 2015 pukul 08.00 wib
TK : Rabu-Kamis, 16-17 September 2015 pukul 07.30 wib
SD : Jumat, 18 September 2015 pukul 07.30 wib


Ahmada Abdul Karim, selaku kordinator divisi keagamaan Az Zahra Lampung mengataan kegiatan manasik haji ini adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, para siswa-siswi akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan pada saat ketika melaksanakan haji.

Misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Manasik haji ini diperlukan guna memberikan pemahaman kepada para siswa-siswi tentang tujuan utama melaksanakan ibadah haji. Semoga ananda semua para siswa-siswi Az Zahra diberikan kesempatan untuk menjadi tamu Allah di Arafah. Amin.
Tags : , , , , , ,

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sholat

Follow by Email

Accordition

Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung memiliki cabang pendidkan formal maupun non formal diantaranya: PG & TK Islam Az Zahra, SD Islam Az Zahra, dan Az Zahra Al Qur'an School.

TK Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan Pendidikan formal untuk usia dini, diantaranya ada Play Group, TK A dan TK B.

SD Islam Az Zahra Bandar Lampung, merupakan pendidikan formal tingkat dasar yang mengedepankan pendidikan islami berbasis teknologi untuk menciptakan generasi yang Islami dan mampu bersaing dalam IPTEK.

Az Zahra Al Qur'an School merupakan pendidikan non formal yang terdiri dari Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan Rumah Menghafal Al Qur'an (RMA).